Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

8 Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress

Ada banyak penyedia layanan hosting baik itu dari Indonesia maupun dari luar negri. Namun tidak semua penyedia hosting memberikan kualitas yang baik sehingga performa website pun menjadi buruk.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai hosting, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa itu hosting. Hosting adalah sebuah wadah atau tempat yang dimana semua data dari sebuah website tersimpan didalamnya.

Data yang tersimpan pada sebuah layanan hosting dapat dikelola oleh administrator website menggunakan internet. Didalam cloud hosting terdapat banyak data website seperti email, gambar, script, hingga database.

Hosting juga memiliki beberapa jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Beberapa jenis hosting diantaranya ada shared hosting, cloud hosting, WordPress hosting, VPS hosting dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian serta berbagai jenis hosting, lalu hosting seperti apa yang terbaik dan cocok untuk dipasangi CMS WordPress? Dibawah ini telah kami rangkum 8 cara memilih WordPress hosting terbaik.

Cara Memilih WordPress Hosting Terbaik

Cara Memilih WordPress Hosting Terbaik

Sebuah layanan hosting bisa dikatakan terbaik jika memiliki kecepatan, keamanan, uptime server dan skalabilitas yang baik serta diatas rata-rata layanan hosting lain.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan diatas, tentu Anda harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum memilih hosting WordPress terbaik untuk website Anda.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Jenis Website

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebutuhan dan jenis website yang akan dibuat. Hosting terbaik tentu yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Jika Anda akan membuat website untuk toko online atau bisnis perusahaan, tentu Anda perlu memperhatikan beberapa faktor sesuai dengan kebutuhan website Anda karena setiap penyedia layanan hosting memiliki spesifikasi hosting yang berbeda-beda.

2. Sesuaikan dengan Platform yang Digunakan

Selanjutnya adalah menentukan platform apa yang akan digunakan. Jika Anda ingin membuat blog, menggunakan CMS seperti WordPress tentu merupakan pilihan yang bagus karena sudah banyak sekali digunakan baik itu oleh pemula maupun yang sudah profesional.

Selain WordPress ada platform lain yang juga cukup populer untuk digunakan seperti WIX, Drupal, Joomla, dan lain sebagainya. Jika Anda lebih memilih menggunakan WordPress, maka menggunakan WordPress hosting merupakan pilihan yang tepat.

Ada banyak perusahaan penyedia hosting WordPress Indonesia dengan kualitas yang cukup baik. Dengan menggunakan WordPress hosting tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan konfigurasi dalam membangun sebuah website.

3. Menentukan Kapasitas Hosting yang Dibutuhkan

Jika website yang nantinya Anda buat memiliki banyak fitur dan konten seperti gambar atau yang lainnya, kapasitas hosting yang dibutuhkan pun harus cukup untuk menampung semua itu.

Hal ini cukup penting agar hosting dapat menampung dengan baik file-file dan database yang selalu diakses setiap saat oleh pengguna.

Setiap website tentu membutuhkan kapasitas hosting yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum Anda membeli sebuah layanan hosting, pastikan Anda sudah memperhitungkan terlebih dahulu kapasitas yang dibutuhkan.

4. Performa dan Kualitas Hosting

Performa sebuah website tentu harus sangat diperhatikan. Kualitas hosting juga sangat menentukan sebaik apa performa website kamu di mesin pencari. Oleh sebab itu pilihlah hosting dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Sebelum memilih hosting, lebih baik cek terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang tersedia untuk mengoptimalkan performa website kamu. Selain kecepatan dan uptime yang tinggi, Anda juga harus melihat dengan menyeluruh aspek yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

5. Adanya WordPress Accelerator

Bagi Anda yang ingin menggunakan CMS WordPress, adanya WordPress Accelerator yang disediakan oleh penyedia hosting tentu sangat bermanfaat.

Kecepatan pemuatan situs itu sangat penting, selain untuk tidak membuat pengunjung lari gara-gara website lemot, kecepatan loading juga berpengaruh pada SEO. Semakin cepat load pada sebuah website, maka semakin baik.

Yang umumnya digunakan untuk mempercepat proses loading sebuah website yang menggunakan CMS WordPress adalah dengan adanya WordPress Accelerator. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih hosting yang sudah menyediakan fitur ini.

6. Biaya Sewa Hosting

Aspek penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa hosting. Untuk menghemat pengeluaran, pilihlah hosting dengan kualitas dan fitur sesuai dengan kebutuhan.

Harga sewa cloud hosting murah dan terbaik tentu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan spek dan fitur yang diberikan juga berbeda. Penyedia hosting satu dengan yang lain juga memiliki penawaran yang berbeda.

Oleh sebab itu, Anda harus lebih bijak dalam menentukan kebutuhan hosting dan memilih hosting dengan biaya termurah namun memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan website yang akan dibuat.

7. Layanan Support Penyedia Hosting

Pastikan penyedia hosting yang Anda pilih memiliki layanan support yang tanggap dan handal dalam menjawab pertanyaan klien. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika mengalami masalah. Dengan adanya tim support yang baik, tentu masalah yang dialami bisa lebih cepat selesai.

Anda juga bisa menanyakan hal-hal yang terkait dengan layanan yang disediakan kepada tim layanan yang 24/7 bisa Anda hubungi.

8. Perhatikan Review dan Ulasan Pelanggan

Sebelum Anda memilih dan menyewa hosting, perhatikan terlebih dahulu review dan ulasan yang diberikan oleh pelanggan. Hal ini untuk mengetahui seberapa bagus layanan yang diberikan oleh penyedia hosting.

Selain dari website resmi, Anda juga dapat melihat review penyedia layanan hosting di internet. Penyedia hosting terkenal biasanya memiliki banyak review yang diberikan oleh pengguna melalui blog atau sebagainya.