6 Obat Alami untuk Penyakit Meningitis

Obat Alami untuk Penyakit Meningitis – Dewasa ini kasus masyarakat yang terkena meningitis terus bermunculan terutama pada usia balita. Apa itu penyakit meningitis? Meningitis atau sering disebut dengan radang selaput otak yaitu penyakit berupa infeksi yang membuat peradangan pada selaput yang menyelimuti sumsum tulang belakang dan juga otak.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau virus penyebab meningitis, yang dapat ditularkan melalui perpindahan udara. Lalu apa ciri-ciri penyakit meningitis? Penyakit ini mirip dengan gejala flu seperti sakit kepala dan juga demam. Gejala ini tentu bisa jadi berbeda di setiap orangnya.

Baca Juga: Cara Penyembuhan Penyakit Gonore

Gejala penyakit meningitis lainnya yaitu kaku pada tengkuk leher, sulit konsentrasi, kejang, nafsu makan hilang, ruam kulit, lesu, sensitif terhadap cahaya hingga hilang kesadaran. Sedangkan gejala ada balita biasanya ditandai dengan rewel dan tampak lesu.

Apakah penyakit meningitis itu berbahaya? Bisa dikatakan jadi bahaya sebab kondisi tersebut dapat membuat disfungsi mening. Mening sendiri yaitu pelindung otak yang berguna untuk mencegah dari infeksi kuman dan berbagai trauma. Sehingga bisa berefek pada kerusakan pikiran dan gangguan gerak.

Oleh sebab itu menerapkan pola hidup sehat menjadi kuncian untuk pencegahan penyakit ini. Atau bila Anda tertarik untuk mencari komunitas ahli farmasi, Anda dapat bergabung dengan PAFI lampung dengan mengunjungi https://pafipesisirbarat.org/

Obat Alami Meningitis

Obat Alami untuk Penyakit Meningitis
Obat Alami untuk Penyakit Meningitis

Meskipun dalam dunia farmasi telah ditemukan racikan pengobatan untuk infeksi meningitis ini, namun mengusahakan pengobatan alami menjadi alternatif pilihan bagi sebagian orang. Beberapa bahan yang dapat menjadi obat alami untuk penyakit meningitis yaitu sebagai berikut.

1. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai antibakteri dan antivirus. Sehingga mengkonsumsinya dapat menjadi obat herbal yang efektif untuk menangkal virus meningitis. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung maupun sebagai bumbu masakan.

2. Chlorella

Obat alami berikutnya yaitu Alga Chlorella. Sebab alga ini mengandung banyak akan klorofil yang berisi jenis mineral dan vitamin yang dapat mendukung tubuh melawan virus.

3. Ramuan ginseng

Ginseng juga dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan bahan aktif ginsenosides. Bahan ini telah dikenal efektif dalam mengobati infeksi.

4. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang diternakkan seperti pada kimchi, yogurt, tape dan makanan fermentasi lainnya. Rutin mengkonsumsi probiotik alami ini dapat memperbaiki kondisi sistem pencernaan, yang mana ini juga akan mendukung imunitas tubuh melawan patogen bakteri atau virus.

5. Ekstrak zaitun

Zaitun juga dikenal dengan tanaman sifat antivirus dan antioksidannya. Terdapat elenoat yang membantu pencegahan pertumbuhan bakteri. Sehingga memilih mengkonsumsi ekstrak zaitun juga dapat menjadi  alternatif pengobatan yang dapat Anda tempuh.

6. Madu mentah

Salah satu bahan alami yang penuh dengan zat-zat kebaikan yaitu madu mentah. Madu mentah sangat terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Sehingga diharapkan imun tubuh akan membaik saat melawan virus meningitis.

Pastikan yang dikonsumsi madu mentah, agar kandungannya masih asli dan terjaga. Sementara madu yang sudah diolah melalui pemanasan akan menghilangkan beberapa nutrisinya. Bahkan untuk madu pabrikan biasanya sudah dicampur gula tambahan, pengental dan zat kimia yang tidak dibutuhkan lainnya.

Itulah ke 6 obat alami yang dapat Anda gunakan untuk pengobatan meningitis. Bila Anda ingin diskusi lebih lanjut bersama komunitas ahli farmasi terkait hal ini, Anda dapat mengunjungi https://pafipesisirbarat.org/.

Tinggalkan komentar