Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

6 Manfaat Siku Kertas untuk Industri Manufaktur

Siku kertas atau bisa juga disebut dengan paper angle memiliki peran yang sangat penting dalam industri manufaktur. Benda ini sering digunakan dalam berbagai industri, mulai dari perusahaan besar hingga UMKM.

Fungsi utama dari siku kertas adalah untuk melindungi produk tertentu di bagian sisi sudut suatu produk yang dikemas menggunakan kemasan lain. Paper angle akan diletakkan di bagian sudut atas, kiri, kanan, depan dan juga belakang produk.

Dengan demikian, produk pun dapat terlindungi dengan baik dari benturan yang terjadi saat proses produksi. Selain itu, produk juga lebih terjaga saat dipindahkan ke tempat lain. Misalnya saja dikirimkan ke daerah lain menggunakan jalur darat, laut dan udara.

Apa Itu Siku Kertas?

Apa Itu Siku Kertas?

Diketahui, siku kertas adalah sebuah produk kemasan yang biasanya terbuat dari core board sebagai bahan baku utamanya. Coreboard ini merupakan sebuah kertas yang terbuat dari 100% material daur ulang.

Karena menggunakan material yang sudah di daur ulang 100% maka scoreboard tidak memerlukan pohon asli yang ditebang dalam pembuatannya. Tentunya hal ini cukup baik mengingat pohon-pohon di hutan sudah semakin berkurang akibat pembukaan lahan.

Coreboard tersebut nantinya akan diberi lem yang diratakan di setiap lapisannya. Setelah itu, lapisan tersebut akan disatukan. Berikutnya, lapisan yang telah jadi akan dilapisi kembali menggunakan kertas kraft hingga menyatu.

Setelah itu, bahan tersebut akan memasuki tahap forming dan akhirnya jadilah siku kertas. Kemudian, siku kertas tersebut akan dipotong dengan ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Siku kertas akan dipasang di bagian tepi kemasan sehingga melindungi produk utama dari kerusakan. Dengan adanya siku kertas sebagai pelindung, maka kemasan produk dapat ditumpuk dan diikat menggunakan strapping band sehingga lebih aman, tidak terbentur maupun terguncang.

Selain itu, kemasan produk juga tidak akan rusak meskipun diikat dengan kencang. Paper angle atau siku kertas ini sangat baik digunakan untuk penyimpanan di dalam gudang dan juga ekspedisi ke luar kota.

Manfaat Siku Kertas

Siku kertas memiliki banyak manfaat dalam bidang industri. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar 6 manfaat siku kertas untuk industri manufaktur yang perlu Anda ketahui.

1. Menjamin Keamanan Produk

Manfaat pertama dari penggunaan siku kertas yaitu untuk menjamin keamanan dari produk Anda. Hal ini terjadi karena siku kertas diletakkan di tiap sudut kemasan produk.

Dengan begitu, produk akan terhindar dari kerusakan atau kecacatan akibat adanya benturan dengan benda lainnya. Selain itu, dengan adanya perlindungan ini maka kualitas produk akan lebih terjaga dan terjamin. Produk pun akan selamat dari kerusakan fatal hingga ke lokasi tujuan.

2. Memudahkan Proses Penanganan

Selanjutnya, manfaat yang bisa didapatkan dari paper angle adalah dapat membantu untuk mempercepat proses penanganan. Tak hanya itu aja, pengemasan produk pun menjadi lebih mudah dan juga aman.

Karena proses penanganannya lebih baik maka kecepatan dan ketepatan pekerjaan akan meningkat. Selain itu, cara ini menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Mencegah Kerusakan Strapping

Kemudian, siku kertas yang digunakan untuk pelindung kemasan juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan strapping. Hal ini biasanya terjadi pada barang yang akan diekspor maupun untuk kebutuhan transit.

4. Menghemat Biaya

Pemasangan siku kertas juga dapat menghemat biaya produksi. Perusahaan Anda akan terhindar dari pemborosan biaya dan Anda dapat memangkas biaya tersebut untuk dialokasikan ke bagian lain.

Selain itu, pemasangan ini akan dapat memastikan bahwa produk tersebut terlindungi selama berada dalam penyimpanan inventory.

5. Melindungi Dari Beban Ringan Dan Berat

Manfaat berikutnya dari paper angle adalah mampu memberikan perlindungan, baik pada beban berat maupun ringan. Dengan demikian, keruntuhan produk pun dapat dicegah.

6. Meningkatkan Citra Perusahaan

Adapun manfaat yang tak kalah penting dari siku kertas yaitu dapat meningkatkan citra perusahaan Anda dan juga pelanggan. Penyebabnya adalah, produk yang dijual menjadi lebih rapi dan juga terjamin. Selain itu, penggunaannya pun cenderung mudah.

Produk Paper Angle Dari PT. Kemasindo Niaga Sentosa

Produk Paper Angle Dari PT. Kemasindo Niaga Sentosa

Salah satu produk paper angle yang direkomendasikan adalah paper angle buatan PT. Kemasindo Niaga Sentosa. Diketahui, produk buatan perusahaan tersebut memiliki kualitas yang terjamin. Tersedia pula paper angle atau siku kertas dengan berbagai ukuran.

Diketahui, PT. Kemasindo Niaga Sentosa merupakan produsen siku kertas yang menyediakan siku kertas dengan berbagai ukuran. Selain itu, harganya pun terjangkau dan dapat dikirim tepat waktu.

Kemasindo melayani berbagai permintaan siku kertas dari berbagai perusahaan, mulai dari furniture, otomotif serta consumer goods lainnya. Siku kertas buatan Kemasindo dapat digunakan untuk melindungi produk dalam kemasan karton box maupun untuk ekspedisi ke luar kota.

Saat ini, Kemasindo telah melayani dan bekerjasama dengan berbagai perusahaan sebagai supplier edge protector. Adapun area pengirimannya terdiri dari banyak kota mulai dari Jakarta, bandung, Tangerang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Bali dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, siku kertas buatan Kemasindo juga terjamin dan memiliki kualitas tinggi. Harganya terjangkau dan sering mengadakan potongan harga khusus. Untuk info dan pemesanan dapat menghubungi kontak berikut:

Tel: 021 8248 4085

Wa: 0813 8373 9781

E-mail: info@kemasindoniaga.com

Jalan Raya Mampir Km 04 No. 27. Desa Mampir, Kecamatan Cileungsi. Kabupaten Bogor. 16820.