Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

Manfaat Alat Pembayaran Non Tunai (Cashless)

Alat pembayaran non tunai merupakan alternatif transaksi yang efektif dan efisien di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Karena, tidak perlu lagi menyediakan uang tunai untuk kebutuhan transaksi jual-beli.

Tentunya kemudahan dari transaksi non tunai atau cashless memiliki beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Yang dulu harus ambil uang ke bank atau melalui mesin ATM, kini bisa mengandalkan sebuah kartu atau aplikasi di smartphone.

Selain itu, pembayaran cashless juga menguntungkan bagi pemilik bisnis. Yang mana menjadikan proses transaksi lebih cepat, mudah, dan tetap aman.

Manfaat Alat Pembayaran Non Tunai untuk Bisnis

Pastinya Anda ingat bahwa pembayaran tunai rentan terhadap peredaran uang palsu, uang dengan kondisi robek dan sulitnya menyediakan uang kembalian. Bagi pemilik bisnis permasalahan tersebut sangat merugikan.

Berbeda, ketika teknologi semakin berkembang yang mana pembayaran dapat melalui debit atau credit card. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan tepat.

Terlebih saat ini dapat melakukan pembayaran non tunai tanpa kartu. Yang mana sistemnya melalui scan barcode atau QRIS.

Tentu saja kemudahan dalam melakukan transaksi karena adanya perkembangan teknologi yang semakin maju. Dengan teknologi saat inilah, dunia bisnis pun mau tidak mau harus mengikuti arus yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Misalnya dalam menyediakan alat pembayaran non tunai yang mana memiliki beberapa manfaat berikut ini:

1. Terhindar dari Penipuan dan Tindak Kriminal

Peredaran uang palsu sangat meresahkan, karena dapat membuat bisnis merugi ketika ada yang transaksi menggunakan uang palsu. Untuk itu pembayaran non tunai menjadi solusi tepat dalam menghindari peredaran uang palsu.

Bisnis Anda juga akan lebih aman dari tindakan kejahatan atau kriminalitas. Seperti pencurian, perampokan, dan lain-lain. Selain itu, terlindungi dengan aman dari cyber crime dengan adanya keamanan berlapis.

2. Transaksi Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Manfaat alat pembayaran non tunai menjadikan transaksi lebih efisien karena cukup dengan scan barcode atau QRIS, bahkan hanya dengan nomor handphone. Dalam prosesnya pun sangat cepat. Yang mana uang akan langsung masuk ke rekening Anda.

3. Bisa Digunakan Kapan Saja dan Dimana Saja

Pembayaran cashless sangat praktis karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Misalnya Anda sedang mengadakan bazar pada suatu acara maka untuk sistem transaksi bisa dengan menyediakan alat pembayaran non tunai.

Alat tersebut dapat digunakan kapan saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Itulah mengapa betapa menguntungkannya pembayaran cashless bagi pemilik bisnis.

4. Menyediakan Berbagai Promo

Promo menjadi salah satu strategi marketing dalam menarik pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan lama. Promo dapat berupa potongan harga, cashback dan voucher lainnya selama menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Umumnya promo juga disediakan dari penyedia layanan e-money atau e-wallet. Ada, Gopay, OVO, dana, dan lain-lain. Semakin banyak alat pembayaran non tunai yang tersedia akan memberikan keuntungan tersendiri.

Misalnya Anda bermitra dengan GoJek maka melalui aplikasi GoBiz dapat mengatur pembayaran dengan GoPay. Selain itu, untuk cek laporan penjualan dan menyediakan diskon atau promo tersedia GoKasir pada aplikasi GoBiz.

5. Tidak Ada Biaya Cas

Keuntungan dari pembayaran non tunai yaitu tidak adanya biaya cas transaksi. Terutama bagi yang menggunakan e-wallet. Karena, transaksi hanya dapat dilakukan dari aplikasi yang sama.

Berbeda jika Anda melakukan transaksi menggunakan kartu debit. Alangkah baiknya memastikan terlebih dahulu mengenai alat pembayaran non tunai yang tersedia merupakan dari bank yang sama dengan yang Anda gunakan.

6. Memudahkan untuk Pengumpulan Data

Perilaku pelanggan saat melakukan pembayaran akan mudah dilacak ketika melakukan pembayaran non tunai. Hal tersebut karena mesin dapat mencatat riwayat transaksi. Sehingga, hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Dari kelima manfaat di atas tentunya pembayaran non tunai lebih aman, efektif, efisien dan memberikan banyak kemudahan. Sehingga, tidak heran jika saat ini pembayaran cashless sangat populer di masyarakat.

Agar lebih memahami lebih dalam mengenai pembayaran non tunai untuk bisnis Anda, berikut akan dijelaskan jenis-jenis pembayaran cashless yang dapat digunakan.

Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai

Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai

Pembayaran non tunai tidak hanya terbatas pada e-wallet saja, akan tetapi terdapat beberapa jenis yang umum digunakan untuk kebutuhan bisnis.

1. Kartu Debit atau Kredit

Pembayaran cashless dengan kartu debit atau kredit bukan hal yang baru. Karena, metode ini sudah lama digunakan dan saat ini pun masih banyak yang melakukan pembayaran dengan menggesek kartu.

2. E-Money

Uang elektronik ini hampir sama dengan kartu debit dan kredit dalam penggunaannya yaitu dengan menggesek atau tap kartu. Agar kartu e-money dapat digunakan maka harus top up saldo.

3. E-Wallet

Masih bagian dalam uang elektronik, e-wallet semakin populer penggunaannya. Apalagi dengan banyaknya promo untuk belanja, bayar tagihan hingga investasi.

Menariknya lagi e-wallet tidak perlu kartu seperti e-money karena cukup instal aplikasi di smartphone. Maka berbagai transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

4. Cek dan Giro

Cek dan Giro merupakan alat pembayaran non tunai yang sampai saat ini masih digunakan. Umumnya cek atau giro dipakai untuk keperluan bisnis dan nominal cukup besar.

Apa pun bisnis Anda menyediakan alat pembayaran non tunai akan memberikan banyak kemudahan bertransaksi dan sebagai salah satu layanan pelanggan yang akan memberikan customer experience yang memuaskan dan menyenangkan.