Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

Penggunaan Crypto untuk Amal, Jadi Lebih Berkah!

Penggunaan Crypto untuk Amal, Jadi Lebih Berkah!

Donasi online banyak dilakukan di berbagai platform. Bermacam-macam platform donasi digital di Indonesia tersebar serta mudah diakses. Salah satunya adalah platform crowdfunding bernama Ayobantu.

Ayobantu merupakan platform donasi digital di Indonesia yang bisa memakai crypto untuk amal. Bayangin aja kamu nambang crypto dan hasilnya dapat kamu donasikan untuk membantu sesama.

Komunitas Kebun Online membantu pembangunan 10 masjid dengan memakai crypto untuk amal. Pengerjaan ini berlangsung di berbagai daerah di Indonesia pada tahun 2021.

Walau kesannya biasa aja, tetapi ada hal menarik tentang beramal dengan crypto. Hampir setengah dari generasi milenial mengatakan crypto merupakan investasi cerdas. Hal ini berbanding terbalik dengan generasi X dan Baby Boomer.

Investor Crypto Lebih Dermawan

Berdasarkan studi dari Fidelity, investor crypto untuk amal jauh lebih dermawan. Sebanyak 45 persen investor menyumbang $`1.000 di tahun 2020, dibandingkan 33 persen populasi investor yang ada.

Melansir dari Cheddar News, hampir 90 persen milenial menyatakan beramal jadi hal penting dalam hidup mereka, jika dibandingkan sama 74 persen total populasi investor.

Aset Digital Berpotensi Jadi Sumber Kegiatan Amal

Wakil Presiden dan Konsultan Aman Fidelity Charitable, Tony Oommen, mengatakan investor millenial berminat menggabungkan mata uang digital dengan kegiatan beramal. Aset digital berpotensi menjadi sumber dana untuk filantropi.

Tahun 2021, aset crypto di Fidelity Charitable meningkat sebesar 464 persen jika dibandingkan tahun 2020, dengan dana yang disumbangkan senilai Rp 2,2 Triliun.

Keunggulan Berdonasi Secara Online

Saat ini, berbagai platform donasi online muncul sebagai alternatif masyarakat untuk menggalang donasi digital. Lalu, apa saja keunggulan yang dirasakan jika berdonasi secara online?

1. Transaksi makin mudah dan cepat

Sebelumnya, penggalangan dana harus mendatangi tempat ramai. Ada pula yang sampai sekarang mencari donasi dengan mendatangi dari pintu ke pintu. Walau masih eksis, cara tesebut terkadang merepotkan.

Dengan melakukan donasi online, transaksi dapat selesai dengan mudah dan cepat. Kamu cuma perlu mengunjungi situs donasi online. Setelah itu, klik Donasi untuk menyumbangkan uang kepada yang membutuhkan.

2. Dapat dilakukan kapan saja

Keunggulan lain memakai platform donasi online ialah kamu bisa transaksi kapan saja dan di mana saja. Selama ada jaringan internet dan uang yang disumbangkan, selama itu juga kamu bisa berdonasi.

Kamu masih bisa berdonasi di tengah kesibukan pekerjaan. Cukup dengan membuka laman platform donasi online lalu pilih campaign yang ingin didonasikan, bayar, dan transaksi selesai. Setelah itu, kamu bisa kembali bekerja seperti biasanya.

3. Transaksi online terjaga kerahasiaan donatur

Ada kalanya donatur ingin ditutupi identitasnya karena menjaga privasi. Terkadang si donatur tidak ingin mendapat sanjungan dari masyarakat perihal nominal yang dia sumbangkan.

Salah satu bentuknya dengan memakai nama samaran atau “Hamba Allah”. Menyumbang online menjadi opsi seseorang untuk beramal tanpa khawatir soal privasi.

4. Pengumpulan donasi transparan

Takut uang kamu tidak sampai kepada yang membutuhkan?

Takut uang kamu diselewengkan oleh oknum yang memanfaatkan situasi?

Jangan khawatir, platform penggalang dana online menampilkan update nominal yang terkumpul. Kamu bisa melihat cek donasinya langsung lewat website.

Selain progress donasi, tersedia laporan dokumentasi yang kredibel sehingga menaikkan kepercayaan donatur untuk berdonasi online.

Donasi Online bersama Ayobantu

Donasi Online bersama Ayobantu

Ayobantu adalah platform donasi online yang berdiri pada tahun 2020. Berdirinya Ayobantu bertujuan menjadi jembatan antara inisiator penggalangan dana sosial dan program sosial dari masyarakat, komunitas, sampai korporasi.

Platform online ini selalu memberikan customer experience yang mudah diakses dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan crypto untuk amal.

Layanan Ayobantu

Ayobantu memiliki berbagai keunikan, yaitu:

1. Variasi Campaign

Layanan ini mengajak setiap individu, komunitas, serta korporasi melakukan kampanye donasi dengan berbagai cara yang unik. Untuk penggalang dana, Ayobantu memberi fasilitas campaign melalui event sampai social media activation.

Social media activation sendiri merupakan sebuah kegiatan yang memanfaatkan berbagai platform sosial media yang ada menjadi sebuah akun yang bertransformasi untuk memperkenalkan campaign sosial/komunitas yang bertujuan mengangkat isu tertentu guna membantu pihak-pihak tertentu pula.

2. Lelang Donasi

Ayobantu juga mengakomodasi acara donasi lelang barang. Layanan ini membuat semua orang dapat melelangkan barang mereka di acara donasi. Selain sebagai pelelang, kamu dapat ikut serta untuk pasang bid.

Setiap orang dapat melelangkan barang fisik dan digital seperti NFT. Jadi, apapun barangnya bisa didonasikan untuk yang membutuhkan.

3. Ragam Metode Pembayaran

Tidak hanya campaign yang bervariasi, sistem pembayarannya pun beragam, menyesuaikan kebutuhan zaman.

Metode pembayaran dapat melalui transfer bank, virtual account, dompet digital, sampai aset crypto untuk amal.

Langkah-langkah berdonasi di Ayobantu

Kamu ingin segera berdonasi di Ayobantu? Langsung aja ikuti langkah-langkah dibawah ini

  1. Masuk ke laman Ayobantu.com melalui smartphone maupun PC;
  2. Pilih campaign/penggalangan dana yang ingin didukung;
  3. Klik tombol “Donasi sekarang”;
  4. Masukkan nominal donasi;
  5. Pilih metode pembayaran
    1. Virtual account
    2. Bank transfer
    3. Aset crypto
    4. E-wallet;
  6. Klik “Donasi” untuk menyelesaikan transaksi;
  7. Donatur mendapatkan laporan transaksi lewat WhatsApp atau notifikasi di laman Ayobantu secara real time.