Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

Virtual Account: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Teknologi yang semakin canggih membuat segala hal yang berhubungan dengan transaksi dan pembayaran menjadi lebih praktis dan mudah dengan cara online.

Salah satu cara pembayaran online yang mudah dan banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan virtual account.

Dengan menggunakan metode pembayaran tersebut, pelanggan hanya perlu mengetikkan nomor ID tanpa harus mengetik ulang nominal pembayaran. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang virtual account, mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Virtual Account

Pengertian Virtual Account

Virtual account merupakan akun bank virtual atau rekening bank yang tidak nyata berbentuk nomor ID yang akan digunakan untuk penginputan pembayaran secara online. Nomor ID yang tertera biasanya dibuat oleh bank yang dipilih sesuai dengan permintaan bisnis atau perusahaan.

Masing-masing pelanggan akan mendapatkan nomor ID yang berbeda tergantung dari jenis bank atau tujuan pembayaran yang diinginkan.

Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan cara pembayaran virtual account sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan cara ini sebagai metode pembayaran.

Keuntungan yang pertama yaitu nomor ID yang didapatkan untuk kode pembayaran bisa langsung disalin dan ditempel sehingga tidak akan terjadi kesalahan saat melakukan pembayaran.

Kemudian deteksi pembayaran pun terjadi secara otomatis oleh sistem sehingga tidak perlu repot-repot konfirmasi secara manual. Ketika transaksi selesai dilakukan, saldo yang dikirim akan langsung terdeteksi pada rekening penerima.

Keuntungan lain yang sangat penting yaitu pelanggan tidak perlu memiliki rekening bank yang sama dengan penerima saldo virtual account. Pelanggan bisa langsung melakukan transaksi dari bank manapun dan melalui cara manapun, seperti transfer dari mesin ATM, dari mobile-banking, dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Virtual Account

Secara umum, ada dua jenis virtual account yang dapat digunakan pelanggan saat akan melakukan pembayaran, baik untuk keperluan e-commerce maupun dalam hal lainnya. Jenis-jenis virtual account tersebut yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account.

Fixed Virtual Account

Yang dimaksud dengan fixed virtual account yaitu nomor virtual atau nomor ID unik yang ditentukan oleh pelanggan yang akan melakukan pembayaran. Contohnya yaitu pada pengisian saldo e-commerce yang menggunakan nomor ponsel pelanggan sebagai nomor ID.

Dengan menggunakan fixed virtual account, pelanggan dapat melakukan pembayaran berulang kali untuk menambahkan saldo pada e-wallet dengan nomor ID yang sama tanpa harus memasukkan nomor tersebut secara berulang-ulang.

Non-fixed Virtual Account

Non-fixed virtual account merupakan nomor acak yang ditentukan oleh sistem secara random dan hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi saja. Misalnya saat pelanggan akan melakukan pembayaran untuk sebuat produk yang akan dibeli pada aplikasi e-commerce. Maka nomor ID yang digunakan untuk transaksi tersebut tidak dapat dilakukan secara berulang meski ingin membeli barang yang sama di toko yang sama juga.

Bagaimana Cara Kerja Virtual Account?

Untuk dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan virtual account, penerima saldo, penjual, atau pemilik bisnis akan memberikan nomor ID yang akan digunakan sebagai nomor tujuan transfer kepada pelanggan tersebut. Setiap nomor virtual account yang diberikan akan langsung terkait dengan pelanggan dan informasi transaksi seperti nominal transaksi yang akan dibayar.

Setelah pembayaran dilakukan oleh pelanggan, informasi pembayaran tersebut akan langsung masuk ke notifikasi penjual sehingga sehingga penjual tersebut dapat langsung mengetahui siapa yang melakukan transaksi pembayaran.

Namun, terkadang pelanggan tersebut justru menjadi pihak yang seharusnya menerima saldo tertentu, sehingga akan lebih mudah apabila dapat dilakukan dengan menggunakan virtual account.

Maka dari itu, apabila pelanggan ingin menggunakan nomor virtual account sebagai penerima saldo, maka bisa dilakukan dengan menggunakan midtrans.

Dengan menggunakan midtrans, maka akan dibuat payment link sehingga siapa pun dapat menerima pembayaran dengan mudah dan praktis meski tidak terlalu menguasai teknologi canggih yang ada.

Tanpa perlu menggunakan akun media sosial atau situs tertentu, pembayaran dapat langsung diterima dengan mudah.

Demikian penjelasan mengenai virtual account, jenis-jenis, dan cara kerjanya. Dengan kemudahan yang diberikan, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk menggunakan metode pembayaran yang satu ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga tertarik atau bahkan sudah menggunakan metode pembayaran ini?