Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

7 Tips Memilih Aplikasi Kasir untuk UMKM

Aplikasi kasir menjadi salah satu program yang dibutuhkan hari ini. Terlebih keberadaannya mampu memudahkan segala urusan. Khususnya dalam proses transaksi sebuah bisnis, baik bisnis besar maupun berkembang seperti UMKM.

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan kelompok usaha yang mempunyai jumlah besar. Sebab kelompok ini mampu beroperasi tanpa menggunakan biaya atau modal yang banyak. Bahkan bisa dilakukan perorangan.

Fungsi Aplikasi Kasir untuk UMKM

Aplikasi atau program kasir memiliki banyak fungsi. Di antaranya mencatat setiap transaksi yang terjadi, mengelola stok barang, dan mengawasi berbagai transaksi dengan cepat karena penggunaan aplikasi ini tidak harus di belakang mesin kasir.

Aplikasi ini dapat dijalankan di mana dan kapan saja secara praktis dan fleksibel. Keuntungan tersebut membuat program kasir menjadi mudah berkembang di tengah masyarakat, terutama di kalangan para pengusaha bisnis melek teknologi.

Lantaran semakin banyak peminat program kasir, maka jumlah aplikasi yang muncul semakin banyak. Berbagai penyedia aplikasi juga terus berkembang. Bahkan tak sedikit yang akhirnya bingung memilih aplikasi yang tepat digunakan.

7 Tips Memilih Aplikasi Kasir

Memilih Aplikasi Kasir

Anda membutuhkan informasi yang tepat sebelum memilih aplikasi kasir untuk UMKM. Salah satunya dengan melakukan riset terlebih dahulu, seperti melihat review pengguna sebelumnya atau menerapkan tips memilih aplikasi kasir berikut.

1. Menjamin data UMKM tetap aman

Hal paling penting dalam sebuah bisnis yakni kerahasiaan. Sehingga UMKM perlu memperhatikan penggunaan program kasir yang dipilih memberi jaminan keamanan pada data UMKM. Alhasil, kelangsungan bisnis bisa tetap berjalan baik.

2. User friendly

Penggunaan aplikasi tentu harus mempermudah pekerjaan. Sehingga pemilihan aplikasi perlu memperhatikan sifat yang user friendly. Alhasil, UMKM dapat beradaptasi dengan cepat tanpa mengeluarkan tambahan waktu, energi dan biaya.

3. Dilengkapi fitur dan harga yang seimbang

Ketika memilih aplikasi kasir, Anda juga perlu mempertimbangkan kelengkapan fitur dan harga yang seimbang. Terlebih sebagai UMKM, kondisi pengeluaran perlu dipikirkan dengan bijak. Supaya tidak berdampak pada kelangsungan bisnis.

4. Didukung secara teknis selama 24 jam

Kebutuhan UMKM yang krusial yakni dukungan teknis 24 jam. Termasuk juga dalam penggunaan aplikasi untuk membantu monitor setiap transaksi. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada aplikasi, Anda bisa segera mendapat solusi teknis.

5. Menyediakan laporan keuangan lengkap

Salah satu tujuan menggunakan program kasir yakni tersedianya laporan keuangan. Aplikasi kasir yang tepat tentu harus mampu menyediakan laporan keuangan lengkap. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi perihal laporan keuangan.

6. Mampu dioperasikan oleh lebih dari satu pengguna

UMKM terus tumbuh dengan segala kecepatan bisnis. Semua kebutuhan terkait transaksi juga dilakukan cepat. Oleh karena itu, program kasir harus mampu dioperasikan oleh lebih dari satu pengguna agar mendukung sistem kerja UMKM.

7. Mengetahui jenis software program kasir yang digunakan

Penggunaan program kasir tidak terlepas dari jenis software yang dioperasikan. Setidaknya ada dua jenis software, yaitu aplikasi kasir konvensional dan aplikasi kasir online yang berbasis cloud. Pilihlah program kasir yang UMKM butuhkan.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Setelah mengetahui dan menerapkan tips memilih aplikasi kasir. Anda perlu mengetahui rekomendasi aplikasinya. Salah satunya yakni aplikasi MOKA POS. Tentu saja aplikasi ini bukan aplikasi sembarangan. Simak ulasannya berikut.

MOKA POS

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Moka POS merupakan aplikasi kasir digital yang membantu semua usaha. Khususnya dalam mengurus transaksi penjualan dan proses operasional usaha. Usaha di sini termasuk juga UMKM yang tergolong minim modal dan pendanaan.

Moka POS atau Moka Point of Sale memiliki banyak manfaat. Manfaat utama Moka POS, yaitu melakukan pencatatan terhadap transaksi pembayaran dari konsumen baik dengan kartu kredit maupun debit dan reaksi pelanggan atas usaha.

Moka POS menjadi salah satu jasa yang ditawarkan oleh platform Moka. Selain itu, ada juga jasa toko online, pembayaran, manajemen inventori, program loyalitas, pembukuan, pengadaan bahan baku, dan pinjaman uang untuk UMKM.

Moka POS telah memiliki riwayat pengalam yang panjang. Bahkan di tahun 2022, Moka telah tergabung dalam ekosistem Gojek sebagai StartUp besar di Indonesia. Tak heran Moka POS terus tumbuh dan berkembang dalam memberi pelayanan.

Kelebihan Moka POS

Moka POS menawarkan solusi bisnis dalam satu aplikasi. Moka hadir karena melihat ada banyak pemilik usaha malah menghabiskan banyak waktu untuk membuat laporan keuangan, mengecek inventaris, dan mengurus printilan lain.

Hanya dengan aplikasi kasir dari Moka POS, Anda bisa melihat tampilan simpel yang bisa mengatur pesanan menjadi lebih mudah digunakan, efektif dan efisien. Tidak hanya itu, Moka POS juga memberikan layanan operasional 2x lebih cepat.

Menariknya lagi, Moka POS memberikan layanan penggunaan aplikasi kasir gratis selama 14 hari. Ada juga gratis tablet stand 180 untuk semua jenis usaha tanpa terkecuali. Semua mudah dan menjadi keunggulan tersendiri.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi kasir Moka POS juga bisa digunakan untuk segala jenis usaha baik online maupun offline. Sebab, program aplikasi sudah berbasi cloud yang dapat dibawa dan digunakan lebih dari satu pengguna.

Sistem program juga teruji dan terpercaya mampu mengatasi kesulitan yang dialami para pemilik usaha. Bahkan area Moka POS dapat diakses di 200 area seluruh Indonesia dengan 37 kota sebagai area tim perwakilan sales dan support.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kesulitan atau kendala teknis. Terutama saat aplikasi kasir sedang digunakan.