Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

Keunggulan Asuransi Mobil Syariah Dibanding Konvensional

Asuransi syariah sudah banyak dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan. Sistem kerja dari asuransi tersebut tentunya berbeda dengan jenis asuransi konvensional. Asuransi syariah ini memiliki sistem yang berlandaskan kepada syariat.

Salah satu produk yang dimiliki oleh asuransi syariah yaitu asuransi mobil syariah. Ada berbagai keuntungan pilih asuransi mobil syariah yang bisa Anda dapatkan. Sebelum itu, berikut adalah penjelasannya lebih lanjut.

Pengertian Asuransi Mobil Syariah

Asuransi mobil syariah yaitu sebuah produk asuransi mobil yang dikelola secara syariah untuk menjamin resiko kerugian yang bisa terjadi pada mobil milik nasabah. Mobil pribadi merupakan kendaraan yang bisa menggunakan produk asuransi syariah dan dasar hukumnya berlandaskan hukum syariat.

Diketahui, beberapa resiko yang dijamin oleh asuransi mobil syariah antara lain: kerusakan karena kecelakaan lalu lintas, kerusuhan, bencana alam dan juga kebakaran. Lalu, jenis-jenis kerusakan tersebut diantaranya: penyok, body lecet dan kerusakan total.

Adapun hukum asuransi mobil syariah ini berbasis hukum Islam sehingga melarang adanya riba di dalamnya. Kemudian, premi asuransi mobil syariah juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp200.000 an.

Perbedaan dari asuransi mobil konvensional dengan syariah adalah pada prinsipnya. Pada asuransi mobil konvensional, prinsip dasarnya adalah jual beli yang mengharapkan keuntungan.

Sedangkan, pada asuransi mobil syariah, prinsip dasarnya adalah tolong menolong. Jadi, perusahaan asuransi akan mengelola dana milik nasabah yang kemudian akan mendapatkan upah atas jasa yang dilakukannya.

Untuk jenis perlindungan dari asuransi mobil syariah ini sama dengan konvensional yakni Total Loss Only dan All Risk. Jenis TLO artinya kerusakan yang bisa dicover adalah yang lebih dari 75 persen. Sedangkan jenis All Risk berarti semua resiko dapat dicover asuransi.

Keunggulan Asuransi Mobil Syariah

Kelebihan Asuransi Mobil Syariah

Terdapat beberapa keunggulan pilih asuransi mobil syariah dibandingkan dengan konvensional yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah poin-poin serta penjelasannya.

1. Bebas Riba

Keunggulan dari asuransi mobil syariah yang pertama adalah bebas dari riba. Diketahui, riba adalah kegiatan mengambil untung sebesar-besarnya dari suatu transaksi jual beli.

Bagi Anda yang kurang suka dengan sistem riba tersebut maka dapat memilih asuransi syariah untuk kendaraan Anda.

2. Lebih Aman

Asuransi syariah diawasi oleh dua lembaga sehingga cenderung lebih aman. Dua lembaga tersebut adalah Otoritas Jasa Keuangan dan juga Dewan Syariah Nasional. Dengan adanya dua lembaga yang mengawasi maka asuransi mobil syariah menjadi lebih ketat dan aman.

3. Transparan

Selanjutnya, keuntungan memilih asuransi mobil syariah yaitu lebih transparan. Anda sebagai nasabah akan mengetahui pengelolaan aliran dana dan juga jumlah dana tersebut. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kemudahan dalam mengaksesnya.

Laporan keuangan dari perusahaan asuransi syariah lebih terbuka serta mudah bagi publik untuk mengaksesnya. Hal ini terjadi karena berdasarkan prinsip syariah itu sendiri.

4. Adanya Keuntungan

Nasabah asuransi mobil syariah juga bisa mendapatkan keuntungan dengan memilih jenis asuransi ini. Diketahui, nasabah bisa mendapatkan sisa dana sosial jika tidak ada klaim selama tahun berjalan. Uang sisa tersebut akan dimasukkan ke rekening nasabah sesuai dengan persentase tertentu.

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Untuk mendapatkan asuransi mobil syariah terbaik, Anda bisa mengikuti tips-tips yang diberikan. Tips tersebut bermanfaat untuk menghindari adanya penipuan saat membeli asuransi mobil syariah. Berikut diantaranya.

1. Memilih Perusahaan Terpercaya

Tips pertama yang harus diketahui bagi Anda yang ingin membeli produk asuransi mobil syariah yaitu memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Anda dapat mengecek nama perusahaan terlebih dahulu melalui website Otoritas Jasa keuangan maupun Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Pilihlah perusahaan asuransi yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari penipuan yang berkedok perusahaan asuransi.

Selain itu, pilih juga broker atau e-commerce yang menyediakan produk asuransi terpercaya. Misalnya adalah Lifepal. Diketahui, Lifepal merupakan sebuah platform yang bisa digunakan untuk membandingkan dan membeli produk asuransi.

2. Pengelolaan Sesuai Syariat

Selanjutnya, pengelolaan asuransi syariah dan dasar hukumnya haruslah sesuai dengan syariat Islam jika ingin menggunakan produk asuransi mobil syariah. Biasanya, asuransi syariah akan menggunakan prinsip tolong menolong dan tidak ada riba di dalamnya.

3. Memilih Tipe Perlindungan

Saat hendak membeli produk asuransi mobil syariah, Anda perlu memilih tipe perlindungan yang akan diterapkan pada kendaraan Anda nantinya. Adapun tipe perlindungan tersebut yaitu asuransi Total Loss Only dan juga All Risk.

Total Loss Only bisa diklaim apabila kerusakan pada kendaraan mencapai 75 persen atau kendaraan hilang. All Risk bisa digunakan untuk mengcover semua kerusakan pada kendaraan. Tentunya, jumlah premi yang harus dibayarkan berbeda. All Risk lebih mahal dibanding Total Loss Only.

4. Jaringan Bengkel Rekanan

Berikutnya, jaringan bengkel rekanan perusahaan asuransi juga perlu dipertimbangkan. Seperti diketahui, kendaraan sering digunakan ke berbagai tempat hingga luar kota. Jika jaringannya luas maka kendaraan bisa segera dibawa ke bengkel terdekat jika rusak di jalan sewaktu-waktu.

Demikianlah penjelasan dan juga keuntungan pilih asuransi mobil syariah. Anda bisa memilih dan membandingkan berbagai produk asuransi mobil syariah melalui platform Lifepal.

Di platform tersebut, tersedia berbagai pilihan asuransi terbaik yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Selain itu, Lifepal juga mendukung pembelian produk asuransi dengan mudah.

Anda dapat memilih sendiri produk asuransi yang ada melalui website sehingga prosesnya pun lebih cepat. Tak perlu khawatir penipuan, Lifepal telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga legal dan terjamin.