Anthony D'Áries

Catatan Si Pengembara

Tips Jitu Memilih Mesin Laminating yang Sesuai Kebutuhan

Saat ini memang sudah memasuki era digital, dimana banyak dokumen penting yang sudah tidak berwujud fisik lagi. Kondisi ini membuat sebagian orang mulai berfikir bahwa tidak perlu lagi memberikan pengamanan lebih pada dokumen-dokumen pentingnya karena kemungkinan besar semua bertransformasi ke digital.

Faktanya melindungi dokumen penting yang berwujud fisik dengan cara melaminasinya adalah kebutuhan penting. Beruntunglah bagi kamu yang sudah memiliki mesin laminating.

Mesin laminating inilah yang nantinya akan menyelamatkan dokumen-dokumenmu. Lebih beruntungnya lagi ketika kamu bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Apa Itu Mesin Laminating?

Mesin Laminating merupakan alat bantu yang digunakan untuk melakukan laminating. Sedangkan laminating sendiri adalah kegiatan memberi lapisan pada sisi luar dokumen menggunakan material plastik tertentu yang cukup tebal.

Pelapisan ini bertujuan agar dokumen tersebut terhindar dari berbagai faktor eksternal yang berpotensi untuk merusaknya. Ketebalan plastik ini bermacam-macam sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Tips Memilih Mesin Laminating

Tips Memilih Mesin Laminating

Mesin laminating menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar ketika kamu memutuskan untuk memiliki dan memanfaatkannya. Tentunya kebutuhan ini membuatmu berfikir keras tentang cara memilih mesin laminasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Nantinya kamu tidak akan cukup dengan mengetahui mesin laminating mana yang sesuai kebutuhanmu. Kamu juga harus tahu jenis plastik laminasinya. Karena setiap jenis plastik memiliki peruntukan serta kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

1. Tentukan Tujuan

Apapun yang akan dilakukan oleh seseorang, maka hal pertama yang harus dipahami adalah tujuannya. Jika tujuannya saja belum tahu lalu langkah berikutnya akan membuat dia kehilangan arah.

Untuk itu, kamu perlu menentukan tujuanmu kelak ketika memiliki mesin laminasi. Akan diperuntukkan untuk apakah mesin itu nantinya? Ini hal yang harus kamu jawab. Selain itu, pastikan juga bahwa ini adalah kebutuhn dan bukan hanya sekedar keinginan sesaat.

2. Menentukan Jenis Mesin

Ketika berbicara tentang memilih mesin laminating maka hal utama yang harus difikirkan yaitu jenis mesinnya.

Mesin laminating terdiri dari dua jenis yaitu mesin laminasi panas dan dingin. Setiap mesin tersebut memiliki peruntukan serta kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Jenis mesin laminasi panas sangat popular karena kemampuannya dalam pemberian tekanan sangat optimal sehingga hasilnya akan memuaskan.

Selain itu, material pendukung untuk melaksanakan proses laminating menggunakan mesin laminasi panas juga cukup banyak dijual dengan harga bersaing.

Mesin laminating ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin melakukan pekerjaan dalam jumlah banyak dengan waktu terbatas.

Sayangnya, meskipun memberikan hasil dan hal penunjang yang menggiurkan, tapi harga dari mesin ini tergolong mahal dan membutuhkan konsumsi listrik cukup besar. Harga mesin laminasi ini bisa mencapai dua puluh juta rupiah.

Jenis mesin laminasi dingin berbeda dengan yang panas. Jika yang panas membutuhkan konsumsi listrik dalam jumlah besar. Mesin laminasi dingin justru tidak memerlukannya.

Umumnya mesin ini memiliki bagian berupa spin di sisi atas dan bawahnya yang akan memberikan tekan pada objek yang akan di laminasi dan material untuk melaminasinya.

Walaupun harganya lebih terjangkau dari pada mesin laminasi panas, tapi jika ditanya tentang daya tahan, maka mesin ini memiliki daya tahan yang lebih panjang dari laminasi yang dihasilkan oleh mesin laminating panas.

Akan tetapi dia kurang disarankan untuk melaminasi objek-objek tertentu, misalnya kartu identitas dan undangan.

Setelah mengetahui jenis mesin yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan dimensinya. Penentuan dimensi ini merupakan satu kesatuan dengan penentuan jenis mesinnya.

Selain menentukan ukuran lebarnya, kamu juga perlu memperhatikan ketebalan laminating yang dapat di akomodir oleh mesin tersebut.

3. Sesuaikan dengan Anggaran

Setelah menentukan tujuan dan jenis mesinnya, kamu perlu menyinkronkannya dengan anggaran yang kamu miliki. Kebutuhan jenis mesin tentu akan berbeda sesuai tujuan yang kamu patok di awal.

Jika tujuanmu untuk berwirausaha, maka pastika modal yang kamu gunakan untuk membeli mesin itu tidak mengambil jatah alokasi dari anggaran lainnya. Apalagi mengambil anggaran dana daruratmu secara habis-habisan.

4. Tela’ah Berbagai Literatur

Saat ini sudah banyak media yang digunakan untuk saling berbagi informasi. Kamu bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut di akun-akun resminya.

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu mencari product review yang bersliweran di jagat media online, baik di sosial media maupun search engine lainnya. Jangan puas hanya dengan satu sumber saja, cobalah berselancar untuk mendapatkan info sevalid mungkin tentang mesin laminating tersebut. Jelilah dalam membaca dan menelaah setiap informasi yang disuguhkan.

Itulah beberapa cara memilih mesin laminating, kami memiliki rekomendasi tempat terbaik untuk membeli perlengkapan percetakan yaitu di Maxipro.co.id. Dapatkan promo menarik hari ini untuk kamu yang serius mencari mesin laminasi ini.